Unik, Menang Pilkatos Siswa Ini Diarak Kenakan Pakaian Adat

JEPARA – Hari ini, Rabu (24/8) pemilihan ketua osis (Pilkatos) dikabupaten Jepara tingkat SMA sederajat serentak dilaksanakan. Salah satu nya yang menye adalah SMA N 1 Bangsri. Uniknya, seorang siswa yang memenangkan pilkatos tersebut diarak berkeliling wilayah desa setempat bersama tim suksesnya dengan mengunakan mobil bak terbuka dan diikuti oleh ratusan siswa lainnya.

Kepala sekolah SMA N 1 Bangsri Nur Yahya mengatakan, Hal tersebut dimaksudkan untuk menginformasikan kepada masyarakat sekitar tentang suksesnya pesta demokrasi di tingkat sekolah yang berjalan aman dan lancar.

” Calon Ketua Osis yang menang adalah Ahmad Dwi Indra Buana. Dia diarak keliling desa diatas mobil dengan mengenakan pakaian adat dengan dengan mobil dengan penuh berbagai atribut serta bendera sekolah dan OSIS,” ungkapnya.
Lebih lanjut Yahya menjelaskan, pilkatos yang diselenggarakan di SMA N 1 Bangsri ini sistemnya seperti pilkada 2017 mendatang. Mulai dari pembentukan Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPKO), penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pendaftaran bakal calon hingga kampanye terbuka serta beberapa tahapan dalam pilkada juga diterapkan dalam pilkatos.

Untuk pendaftaran calon, dari empat kandidat yang dinyatakan lolosfit and propertest, satu orang calon berasal dari jalur perseorangan (independent). Sedangkan tiga sisanya berasal dari jalur keorganisasian.

” Khusus jalur independent syaratnya mereka harus mengumpulkan bukti sekitar 100 tanda tangan dukungan dari DPT yang sdah ditetapkan. Sebelumnya ada sepuluh calon yang mendaftar, tapi hanya ada empat siswa yang lolos tahap berikutnya” paparnya.

Tingkat partisipasi yang dalam Pilkatos SMA N 1 Bangsri juga tergolong sukses. Dari total 1009 DPT , hanya 5 persen saja yang tidak ikut menyumbangkan suaranya dalam pesta demokrasi tingkat sekolah tersebut.

” Partisipasi pilkatos mencapai 95 persen, sisanya tidak ikut dikarenakan ada yang sakit serta ijin dan tidak berangkat,” katanya.

Dari hasil penghitungan akhir Akhmad Dwi Indra Buwana dinobatkan sebagai Ketua OSIS periode 2016-2017 dengan mengantongi 486 suara. Sedangkan di posisi kedua ditempati Filiyah Chandra Asrini yang mendaftar dari jalur perseorangan dengan mengantongi 208 suara. Di urutan ketiga ditempati Rifky Saputro Rogien dengan perolehan 184 suara dan terakhir Ompu Bima Nugraha meraih 105 suara.

“Jumlah suara sah 963 dan tidak sah atau batal 25 suara. Dengan adanya pilkatos ini kami juga berharap, siswa sudah siap, dalam proses demokrasi yang dilaksanakan di Indonesia”, pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Response