Pendidikan

Outing Class TK Baitul Makmur Jepara

JEPARA – Pembelajaran mengenal lingkungan sekitar harus mulai ditanamkan sejak dini. Hal ini sebagaimana yang dilakukan TK Baitul Makmur Jepara. Sabtu (24/9) pagi mengajak puluhan siswanya melakukan Outing Class dan melihat berbagai macam senin kerajinan di SMK N 2 Jepara. Kali ini, mereka (red, siswa) diajak mengenal lebih dekat berbagai macam kerajinan keramik.
 
Kepala Sekolah TK Baitul Makmur Sri Hartutik mengatakan, kegiatan Outing class ini merupakan  media efektif dalam menyampaikan ilmu pengetahuan. Tujuannya untuk mendekatkan siswa dengan lingkungan dengan melihat realita sesungguhnya. “Kegiatan ini sudah kami sesuaikan denganz tema pembelajaran di sekolah” ujarnya.
 
Rombongan, TK Baitul Makmur ini, tiba di SMK N 2 Jepara sekitar pukul 08.00 WIB. Dengan dipandu guru, 96 siswa peserta Outing Class diperlihatkan berbagai macam benda kerajinan keramik. Tidak hanya itu, para siswa diajak ke bengkel keramik untuk membuat secara langsung kerajinan berbahan dasar tanah liat tersebut.
 
Antusias para siswa begitu terlihat. Mereka dengan gembira membuat berbagai macam benda yang mereka sukai. Meski harus kotor dengan tanah liat, hal ini tentunya memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka. Hal ini sebagaimana diperlihatkan Dahayu Gantari (4) tahun. Dari awal hingga akhir di bengkel keramik, ia enggan untuk bergeser dari tempat duduknya sebelum menyelesaikan tugasnya tersebut. Saat itu, ia membuat bulatan tanah yang disusun mirip dengan sebuah boneka. “Ya, senang bisa membuat boneka dari tanah” katanya.
   
Selain Dahayu, siswa lain juga membuat berbagai macam kerajinan keramik seperti piring, mangkok, cangkir, hingga cobek kecil. Hasil karya siswa ini, nantinya akan diproses menjadi sebuah keramik yang cantik. Setelah diwarnai, benda tersebut bisa dibawa pulang masing-masing siswa.  
 
Salah satu orang tua siswa Lia Supardianik menyambut positif kegiatan Outing Class ini, selain menambah pengetahun siswa di luar lingkungan sekolah, juga menambah wawasan mereka khususnya kerajinan keramik yang ada di Kabupaten Jepara. “Saya sangat menyambut positif kegiatan ini, ini adalah sala satu pengalaman anak yang tidak terlupakan saat ia dewasa nanti” ujarnya.

Comments

comments

1 Comment

1 Comment

  1. prima plastik

    January 6, 2017 at 14:37

    bagus sekali kegiatannya. sangat membantu. Salam prima plastik spesialist map raport , map ijazah dan map sertifikat dan cover agenda. Info : http://primaplastik.com/map-raport-map-ijazah/ atau di http://mapraport.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top