Pemerintahan

Ribuan Kader NU Bersama Pejabat SKPD Lakukan Aksi Sosial Bersih Pantai

JEPARA – Sekitar 3.000 kader NU bersama anggota SKPD Jepara , Kodim 0719 Jepara , Polres Jepara, Organisasi, Kelompok dan masyarakat umum melaksanakan aksi sosial bersih pantai . Kegiatan sosial yang di pusatkan di Pantai Teluk Awur Desa Tegal Sambi Kecamatan Tahunan pada Jumat (25/3/2016) ini bertemakan “Selamatkan Pantai Kita” . Kegiatan ini digagas oleh PCNU Kabupaten Jepara dalam rangka memperingati Harlah NU ke 93.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Wakil Bupati Jepara Subroto dan Ketua DPRD Jepara Dian Kristiandi bersama dengan pejabat lingkup Pemkab Jepara juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut .

”Kami mengapresiasi kegiatan ini , karena sangat positif bagi keberlangsungan lingkungan,” ujar Ahmad Marzuqi .

Menurutnya, kepedulian terhadap lingkungan serta melestarikan alam sekitar tentunya akan memberikan banyak  dampak positif .

”Alam ini hanya titipan, bukan hanya dinikmati kita sekarang, tetapi juga anak cucu kita di masa depan. Jadi harus kita jaga agar mereka juga bisa menikmati lingkungan yang ada sekarang,” terang Marzuki .

Selain melaksanakan bersih pantai yang kotor akibat sampah pasca musim baratan , penanaman ratusan bibit pohon juga dilakukan . Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mencegah abrasi .

” Sekitar 100 bibit pohon ini kami tanam di sepanjang pesisir pantai , hal ini kami lakukan agar pantai kita tidak terkena abrasi , ” jelas Marzuki .

Peserta dan relawan dalam kegiatan tersebut membersihkan pantai sepanjang satu kilometer, dan sampah yang dibersihkan mencapai 15 truk. Selanjutnya, sampah diangkut ke TPA Bandengan

Sementara itu , Wakil Ketua PCNU Jepara Hisyam Zamroni, mengatakan, dalam rangka perbaikan lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat penanaman pohon merupakan gerakan moral dan diharapkan dengan adanya agenda menanam, akan menjadi budaya dari masyarakat Jepara.

“Menanam pohon adalah untuk kepentingan hari ini dan masa depan, karena dengan menanam banyak sekali manfaat jangka panjang yang didapat,” ucapnya.

Hisyam menambahkan, selain di Pantai Teluk Awur, kata dia, kegiatan juga dilakukan di Pantai Bondo Kecamatan Bangsri oleh Kader NU setempat .

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top