Pariwisata

Air Terjun Suroloyo Keindahan Tersembunyi Desa Bungu

JEPARA – Kota Jepara memiliki destinasi wisata yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia, selain Pantai Kartini, Karimunjawa, Pantai Bandengan Tirta Samudra masih banyak lokasi wisata alam yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal maupun internasional.

Salah satu yang menarik untuk dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Suroloyo . Air terjun ini terletak di Desa  Bungu, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara atau 36 km dari pusat kota Jepara . Air Terjun Suroloyo adalah salah satu dari sekian air terjun yang ada di kabupaten Jepara yang masih asri dan masih sedikit masyarakat yang mengetahui , terkecuali masyarakat sekitar .

Untuk mencapai air terjun yang mempunyai tinggi +- 10 meter ini harus ditempuh dengan berjalan kaki dan aksesnya cukup susah. Kendaraan yang dibawa baik mobil ataupun motor bisa dititipkan kepada penduduk sekitar . Untuk rute mencapai air terjun ini agak susah dan aksesnya pun tidak begitu banyak. Akses menuju air terjun Suroloyo bisa bisa melalui desa Pancur atau melaui desa Datar – desa Bandung – desa Pule. Dari perempatan lampu lalu lintas Mayong menuju ke utara terus. Sampai pertigaan yang dekat Puskesmas Pembantu Mayong di Pancur ambil lurus, setelah itu ada pertigaan lagi ambil yang belok ke kanan, tujuan kearah Sreni Indah. Sesampainya disana kita diwajibkan untuk  bertanya kepada masyarakat sekitar supaya tidak tersesat, karena air terjun tersebut lokasinya tersembunyi.

Panorama alam sekitar dan air terjun yang terbilang masih “perawan” ini memiliki pemandangan yang sangat indah . Air nya sangat segar dan bening mengalir deras dimusim penghujan seperti ini .  Hanya saja akses untuk meuju ketempat tersebut memang sedikit butuh pengorbanan . Jika mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah dan warga sekitar untuk dikelola dengan baik tempat ini pasti bakal banyak dikunjungi wisatawan yang akan menjadikan income tersendiri untuk desa setempat maupun daerah .

Tapi inget yah , jika mau berkunjung ke air terjun Suroloyo ini selalu mengutamakan keselamatan dan menjaga kebersihan . Jangan buang sampah sembarangan serta jangan vandalisme . Karena Air terjun tersebut merupakan sumber mata air yang dimanfaatkan oleh warga masyarakat Desa Bungu dan sekitarnya .

Photo by Saiful Anwar

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top