News

Ratusan Pelaku Insan Musik Dangdut Jepara Dapat Pembinaan

JEPARA – Ratusan kelompok musik dangdut di kabupaten Jepara mendapatkan pembinaan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ( Disparbud ) Kabupaten Jepara. Hal ini mengingat banyaknya pentas musik dangdut yang diselenggarakan oleh masyarakat diacara hajatan dibulan besar ( dalam penanggalan Jawa ) ini.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Disparbud Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono dalam sambutanya dihadapan 140 kelompok dangdut Jepara mengatakan, kegiatan pembinaan pembinaan terhadap pelaku seni musik dangdut oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara di Gedung Kesenian Jepara pada Selasa (20/9) ini dalam rangka menjaga penampilan kelompok musik dangdut agar tetap santun. Serta tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

” Sampai saat ini tampilan grup musik dangdut sudah baik, para penyanyi juga sudah tampil santun. Itu harus dijaga dan dipertahankan agar dangdut tidak dicap negatif,” ungkap Agus.

Sampai saat ini yang menjadi sorotan saat ada pagelaran musik dangdut adalah dari penampilan penyanyinya. Diharapkan para penyanyi bisa tampil lebih sopan dan mentaati aturan yang ada serta tidak menonjolkan lekuk tubuhnya.

” Selain itu goyangannya juga harus dijaga dan yang wajar saja,” terangnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, bagi para musisi dan juga para pemyanyi dangdit yang belum mengurus kartu seniman diharapakan agar segera mengurus kartu seniman di kantor Disparbud. Dari data yang sudah teregristrasi, sudah ada 140 lebih kelompok dangdut yang sudah mengurus. Sementara untuk penyanyi ada sekitar 114 yang sudah teregistrasi.

” Kartu seniman ini menjadi salah satu syarat pihak kepolisian untuk mengeluarkan izin pentas. Begitu juga dengan kartu Idakep agar dipatuhi setiap kelompok musik dangdut,” jelasnya.

Agus menambahkan, sesuai aturan yang sudah berlaku selama ini, pentas hiburan dangdut di Kota Ukir semuanya harus selesai pukul 22.00.

” Dulu pentas dangdut selesai pukul 24.00, namun menyusul adanya banyak tindakan kriminalitas usai pertunjukan musik dangdut, kini aparat kepolisian resort Jepara hanya memberlakukan pentas musik dangdut di Jepara hanya boleh pentas sampai pukul 22.00 saja,” pungkasnya.

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top