Najwa Shihab : Duta Baca dan Wartawan Perempuan Pertama di Negeri Ini adalah RA Kartini

JEPARA – Seorang presenter, reporter senior serta tahun lalu dinobatkan sebagai sosok Duta Baca Indonesia yakni Najwa Shihab memberikan statement terkait pahlawan nasional RA Kartini.

Dalam pernyataanya saat diwawancarai Jeparahariini.com, bahwa sebenarnya Duta Baca Indonesia pertama di negeri ini adalah RA Kartini.

” Kenapa mbah Kartini, karena kecintaanya terhadap buku, kehausannya akan atas ilmu pengetahuan, kegemarannya membaca dan menulis itu adalah contoh betapa ia adalah seorang perempuan yang memiliki gagasan jauh melampaui jamannya,” ungkap presenter acara Mata Najwa tersebut.

Najwa Shihab menambahkan, tidak hanya gagasan beliau saja, tapi sosok Kartini betul- betul mewujudkan gagasannya itu lewat sekolah yang didirikannya. Selain itu, lanjut Najwa Shihab sosok RA Kartini merupakan wartawan perempuan yang paling pertama di negeri ini.

” Tulisannya tentang perkawinan koja yang begitu detail mendeskripsikan tentang adat istiadat, tentang bagaimana pelabuhan, bagaimana tradisi, itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Jadi itu merupakan hal baru yang kita ketahui tentang Kartini. Duta Baca pertama, wartawan perempuan pertama, pokoknya sangat luar biasa. Cinta banget sama Mbah Kartini,” pungkasnya.

Kalau kamu sendiri, sosok RA Kartini itu seperti bagaimana sih?

Comments

comments

Leave a Response