UMKM Center Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

JEPARA – dikenal sebagai kota ukir, dan memang demikianlah adanya. Namun di dalam pertumbuhannya, Jepara tidak lagi dihuni oleh satu cluster perekonomian saja. Bukti mengatakan bahwa di Jepara banyak bermunculan cluster-cluster lain berbentuk Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) yang ikut bertahan di tengah gejolak ekonomi dan mengangkat perekonomian Jepara. Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pemerintah Kabupaten (MUSREMBANGKAB) Jepara (22 Maret 2016),

Bupati Jepara, KH. Ahmad Marzuki, menyebutkan kondisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jepara tahun 2011 s/d 2014 bergerak secara fluktuatif di angka 5,44%, 5,84%, 5,25% dan 5,64%. Sementara, di Jawa Tengah untuk kurun waktu tahun 2011 s/d 2015 sebesar 5,30%, 5,34%, 5,14%, 5,42%, dan 5,4%. Dan cukup disayangkan, dari statistik (BPS, 2012) diketahui bahwa 98% UMKM didominasi oleh pelaku usaha yang berorientasi bertahan hidup (survival), dan belum pada orientasi untuk tumbuh dan berkembang (entrepreneurial).

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jepara, sekaligus meningkatkan perkembangan UMKM yang berdaya saing tinggi, maka pada hari Kamis 24 Maret 2016, bertempat di Gd. Jepara Trade & Tourism Center Desa Rengging Kecamatan Pecangaan Jepara, KADIN Jepara meresmikan program “UMKM Center (UMKM-C) .

” Peresmian tersebut adalah upaya KADIN Kabupaten Jepara dalam memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri yang mewajibkan KADIN sebagai wadah pelaku Usaha dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, ” Ungkap Ketua Kadin Jepara Abdul Kohar pada Kamis (24/3) .

Prinsip kerja “UMKM Center KADIN Kabupaten Jepara ” dibentuk dalam 3 (tiga) model kegiatan: Pertama, Pendirian klinik usaha; Kedua, Forum edukatif UMKM Jepara; Ketiga, Pembiayaan Mikro.

” Ditambah lagi ada 6 kegiatan pokok UMKM Center ini terdiri dari: Informasi Bisnis, Pelatihan dan Konsultasi, Fasilitas Permodalan, Pusat Promosi, Galeri Pameran (Expo), dan Kontes Kreatif. ” terangnya .

Untuk menjaga keberlangsungan program, Abdul Kohar menambahkan , KADIN Kabupaten Jepara membangun kemitraan dengan beberapa dinas instansi di pemerintahan Kabupaten Jepara .

” Diantarnya Dinas Industri dan Perdagangan, Dinas UMKM, Koperasi, dan Pengelola Pasar , Kantor Pelayanan Pajak  Pratama Jepara, PT. Telkom Indonesia, dan PT. Pos Indonesia,” jelas Kohar . .

Comments

comments

Leave a Response