Ekonomi

Nelayan Jepara Mendapatkan bantuan Beras .

JEPARA – Dimusim baratan atau ombak besar seperti saat ini banyak nelayan di kabupaten Jepara mengalami musim paceklik karena tak bisa melaut dan tak bisa mendapatkan penghasilan . Untuk membantu para nelayan yang mengalami musim paceklik saat ini , Pemkab Jepara memberikan bantuan beras sebanyak 56.590 kilogram untuk  11.318 nelayan .  Penyaluran bantuan beras secara simbolis dilakukan Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Jepara pada Selasa (23/2 ) kemarin .

Bantuan beras tersebut berasal dari Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kabupaten Jepara 34.000 kg, Dinsosnakertrans Kabupaten Jepara sebanyak 14.200 kg beras yang berasal dari Beras paceklik tahu 2015 sebanyak 6000 kg dan beras cadangan beras paceklik 2016 sebanyak 8.200 kg serta bantuan dari Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Tengah sebanyak 8390 kg .

Kepala HNSI Kabupaten Jepara Soedijatno Rs mengatakan, dengan adanya bantuan beras tersebut, beban ekonomi nelayan yang sedang mengalami paceklik bisa terkurangi.

Sementara itu wabup Subroto juga berencana , akan memberikan pelatihan kepada para istri nelayan. Menurutnya setiap tahun Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Jepara memiliki program pelatihan untuk masyarakat dengan program Padat Karya.

” Rencananya, pelatihan juga akan diberikan kepada para istri nelayan. Dengan memiliki keterampilan, diharapkan mereka bisa ikut bekerja dan membantu perekonomian keluarga, pada saat para suami tidak bisa melaut karena ombak besar,” terang Subroto .

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top