Unik, Festival Tawur Bubur Dukuh Trestes Jinggotan Kembang

JEPARA – Satu lagi keunikan budaya dan tradisi yang ada di Kabupaten Jepara, yakni Festival Tawur Bubur oleh masyarakat di Dukuh Tretes RT 1 RW 3 Desa Jinggotan Kecamatan Kembang.

Dilansir dari instragram @humas.resjepara , Bhabin Kamtibmas Polsek Kembang Brigadir Eko S yang turut hadir di tengah-tengah acara tersebut, Minggu (16/10/2016) mengatakan, Asal usul adanya Festival Tawur Bubur Dukuh Tretes adalah, dulu kala memiliki sumber air yang selalu menes, namun saat ini sudah hilang dan diharapkan dengan kesadaran warga dengan menjaga dan melestarikan alam dengan penghijauan kembali diwilayah sekitar. Agar nantinya sumber air tersebut bisa kembali di nikmati dan digunakan kembali oleh masyarakat.

Peserta Festival Tawur Bubur Meriah
Peserta Festival Tawur Bubur Meriah

” Prosesi dari Laskar Branjang Tewel diarak yang mau tawuran pakai bubur dan tletong atau lorodan yang sudah berbentuk pupuk, setelah bubur di kumpulkan dan dibacakan doa bersama di adakan lepar lemparan/ Tawur Bubur dan saling lemparan tletong pupuk.

Festival Tawur Bubur di Dk Tretes Jinggotan Kembang Meriah
Festival Tawur Bubur di Dk Tretes Jinggotan Kembang Meriah

Acara ini menyita banyak pengunjung warga sekitar dan dari beberapa daerah lain. Karena Festival Tawur Bubur ini termasuk unik dan seru untuk disaksikan. Direncanakan, Festival Tawur Bubur akan diselenggarakan rutin setiap tahunnya.

info & Photo by @humas.resjepara
photo by @alan_faiz @ryan_bagusprakoso13

Comments

comments

Leave a Response